Kamis, 26 Januari 2012

Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa “Merangsang Kreativitas Mahasiswa”

Sebagai Mahasiswa kita tak hanya dituntut dalam hal pendidikan saja, namun juga dalam hal yang lain yang lebih merangsang daya kreativitas para mahasiswa itu sendiri. Salah satunya yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bali atau yang sering disingkat dengan P3M Politeknik Negeri Bali yaitu Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa pada tanggal 13 juli 2011 yang bertempat di Gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali. PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh DITLITABMAS untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan serta memperkaya budaya nasional.

“Bahwa di DIKTI atau Direktorat Pendidikan Tinggi, dibawah DIKTI tersebut ada yang namanya Direktorat Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat salah satu kegiatannya adalah Program Kreativitas ini. Disini banyak terdapat skim (bagian bidang) yang dilakukan.” ujar Bapak Lanang Suta Ketua P3M Politeknik Negeri Bali saat pidatonya. Beliau juga menambahkan “Mahasiswa Politeknik Negeri Bali sedikit partisipasinya dalam kegiatan ini, untuk itu P3M Politeknik Negeri Bali bekerjasama dengan Bapak Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Bali melaksananakan program pelatihan ini yang bertujuan untuk merangsang mahasiswa turut aktif dalam program PKM.”

Peserta kegiatan ini yaitu para mahasiswa Politeknik negeri Bali dari semester 2 dan semester 4. Pelatihan ini terdiri dari 2 bagian yaitu tata tulis metologi penulisan ilmiah dan program kreativitas mahasiswa itu sendiri. Pembicara tata tulis metodelogi ilmiah yaitu Bapak I Ketut Darma selaku Ketua Unit Penelitian P3M Politeknik Negeri Bali. Disini para mahasiswa diberikan pelatihan penulisan ilmiah yang benar karena dari tahun-tahun sebelumnya masih banyak mahasiswa tidak mengeri tata cara penulisan ilmiah ini. Pada sesi penjelasan program kreativitas mahasiswa ini diisi pembicara dari team UP2KK yaitu Bapak Adi Winarta, S.T.,M.T dan pemenang hibah program kreativitas mahasiswa tahun 2010 yaitu I Putu Ferry Andika selaku mahasiswa jurusan teknik mesin.

Bapak Lanang juga menyampaikan “ Semoga kegiatan ini bisa merangsang mahasiswa dalam berkreativitas dan semoga kegiatan ini setiap tahunnya berjalan terus-menerus.” tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar